Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Viral Matahari Terbit dari Sebelah Utara di Joneponto, dan Ini Penjelasannya !!!

Beredarnya video yang yang memperlihatkan Matahari terbit dari utara di kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang d kait-kaitkan dengan hadits soal tanda-tanda kiamat.

Di dalam rekaman yang melihatkan arah kamera menghadap matahari menyebutkan pada pagi hari sekitar pukul eight waktu setempat. Memperlihatkan Matahari terbit dari Utara yang seharusnya terbit dari Timur, kamis(18/6).

Tak hanya itu perekam juga menunjukan lokasi masjid yang menurutnya menjadi sebuah petunjuk arah sebelah timur. Dan akhirnya dia mengaitkan kejadian tersebut dengan sebuah hadis yang menyebutkan salah satu tanda akhir zaman yaitu Matahari terbit dari Barat.

Semantara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar mebenarkan peristiwa tersebut. Akan tetapi di tegaskan kembali oleh BMKG yang sebenarnya matahari itu tetap berada di timur, akan tetapi perjalanannya ke arah barat. Ia berada di sisi utara, dan tidak melewati garis Khatulistiwa.

"Jadi tetap terbit dari arah timur, akan tetapi perjalanannya ke arah Barat dan melawati jalur timur, bisa dikatakan seperti itu," Kata Prakirawa BMKG yang bertugas, Risky

Biasanya peristiwa ini terjadi pada bulan Maret dan puncaknya pada bulan Juni dan berakhir pada bulan September. Menurutnya, menuju bulan Oktober, November, Desember, nantinya matahari akan bergerak secara perlahan-lahan dari arah Timur ke arah Barat dan nantinya akan melewati arah Selatan.

Matahari ini akan berlangsung dari arah Timur ke arah Barat dan juga nantinya akan berada di garis Khatulistiwa, Desember sampai Februari. Menurut Rizki sebagaimana Detik, nantinya kejadian matahari di utara tak hanya di Jeneponti saja akan tetapi bisa di lihat di seluruh wilayah Indonesia.

1 komentar untuk "Viral Matahari Terbit dari Sebelah Utara di Joneponto, dan Ini Penjelasannya !!!"