Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terbaru!! Tata Cara Sholat Hajat Lengkap dengan Doa dan Niat!!!

Sholat hajat adalah sholat sunnah yang dikerjakan oleh seseorang yang mempunyai sebuah keinginan ataupun hajat seperti jodoh, karir, rezeki ataupun perlindungan kepada Allah SWT.

Dan seseorang yang tengah melakukan sholat sunnah ini berharap agar keinginan ataupun hajatnya bisa segera dikabulkan oleh Allah SWT. Hal itu juga tercantum dalam sebuah hadis Rasulullah SAW yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang berbunyi:

"Barang siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat (Shalat Hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.

Berikut ini Tata cara Sholat Hajat

Nah perlu diketahui apabla hendak mengerjakan sholat hajat tidak boleh asal-asalan dan juga yang pasti sedang tidak dalam berhalangan, seperti haid ataupun nifas. Berikut ini tata cara sholat hajat.

  1. Berwudhu dan Niat
  2. Yang pertama adalah sebelum menjalankan ibadah shlat hajat yang terpenting adalah berwudhu untuk membersihkan diri dari hadas kecil. Lalu, persiapkan untuk sholat dan juga membaca niat. Adapun niat sholat hajat berikut ini:

    Usholli sunnatal haajati rak'ataini lillaahi ta'ala

    Artinya: "Aku niat sholat hajat dua rakaat karena Allah Ta'ala.

  3. Membaca doa iftitah dan alfatihah
  4. Setelah kalian melakukan takbiratul ihram, akan dilanjutkan dengan membaca doa iftital yang nantinya juga dilanjutkan dengan membaca alfatihah dan juga surat pendek.

    Dan lakukan dengan benar dan juga khusyuk. Selanjutnya pada rakaat kedua juga harus membaca alfatihah kembali dilanjutkan dengan membaca surat pendek.

  5. Membaca Surat Pendek
  6. Kemudian, setalah membaca surat alfatihah, akan disambungkan dengan membaca surat pendek bak itu pada rakaat pertama ataupun pada rakaat kedua.

    Kalian juga bisa membaca surat pendek seperti ayat kursi, al-ikhlas ataupun al-kafirun.

  7. Ruku' dengan tuma'ninah
  8. Setelah membaca surat pendek, akan dilanjutkan dengan rukuk dan juga tuma'ninah. Kalian bis amelakukan pada rakaat pertama dan juga rakaat kedua.

    Bacaan I'tidal berbunyi: "Robbanaa lakal hamdu mil us sawamaati wwamil ul ardhi wamil umaa syi'ta min syain ba'du".

  9. Sujud, dan duduk di antara dua sujud, kembali dengan sujud.
  10. Selah melakukan I'tidal kemudian dilanjut dengan sujud, lalu duduk diantara dua sujud. Kemudian kembali dengan sujud, lakukan ini pada rakaat pertama dan juga rakaat kedua.

  11. Membaca takhiyat akhir dan salam
  12. Setelah melakukan rakaat kedua, setelah kalian membaca takhiyat akhir. Kemudian dilanjutkan dengan salam.

    Akan tetapi jika kalilan melakukan lebih dari dua rakaat, kalian bisa kembali berdiri dan melakukan cara seperti yang di atas.

  13. Membaca doa sholat hajat
  14. Poin penting setelah kalian selesai salam, kalian dianjurkan untuk membaca doa-doa hajat dengan penuh khusyuk dan juga penuh dengan pengharapan. Adapun doanya sebgai berikut.

    • Subhanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wala quwwata illaa billahil 'alliyil 'adzim (baca 10 kali sambil sujud.
    • Allahumma sholli 'alaa sayyidina Muhammad wa 'alaa ali sayyidina Muhammad (baca 10 kali).
    • Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil'akhirati hasanah wa qinaa 'adzaaban nar.

    Nah kalian juga harus tau waktu yang diperbolehkan untuk menjalankan ibadah Sholat Hajat adalah Pagi, Siang dan Malam. Sedangkan waktu yang dilarang adalah Subuh dan setelah Ashar.

Posting Komentar untuk "Terbaru!! Tata Cara Sholat Hajat Lengkap dengan Doa dan Niat!!!"